Bisnis Digital adalah Langkah Cerdas UKM Meningkatkan Skala Bisnis
Tak bisa dipungkiri bahwa peran UKM dalam memperkuat sektor ekonomi merupakan hal yang nyata. Pemerintah Indonesia sendiri telah sejak lama mengkampanyekan masyarakat untuk lebih mencintai produk lokal. Beberapa alasan mendorong pemerintah untuk juga turut mendukung semua ukm Indonesia yang saat ini sedang berkembang. Di zaman yang serba cepat seperti sekarang memang menuntut persaingan bisnis yang ketat. Untuk itu, bisnis digital adalah digadang-gadang menjadi solusi cerdas bagi para UKM untuk meningkatkan skala bisnisnya.
Sekilas tentang bisnis digital
Bisnis digital memiliki arti yang lebih luas dan tidak hanya mengacu pada sebuah produk tanpa wujud seperti software. Bisnis digital adalah jenis usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan ataupun memasarkan produk atau jasa yang mereka jual. Bagi pelaku UKM, bisnis digital juga menciptakan keunggulan dalam bersaing melalui penciptaan value yang unik untuk pelanggan dengan cara melakukan transformasi digital.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa bisnis digital merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online termasuk juga UKM. Adapun media yang digunakan dalam jenis bisnis digital sangat beragam, ada yang melalui website, sosial media, aplikasi seperti e-commerce dan lainnya.
Hal ini sama dengan apa yang diungkapkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) dimana pertumbuhan ekonomi digital diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat dari Rp632 triliun menjadi Rp4.531 triliun. E-commerce akan memerankan peran yang sangat besar, yaitu 34% atau setara dengan Rp. 1.900 triliun.
Kisah nyata gerbrakan bisnis digital pada UKM
Dalam prosesnya, bisa dengan mudah kita temui di lapangan bagaimana bisnis digital memberikan perubahan besar pada UKM. Seperti pada CV HUGO INOVASI yaitu IKM asli Banyumas, Jawa Tengah yang berfokus pada pengolahan gula kelapa. CV Hugo Inovasi bermitra dengan petani dalam pengolahan nira kelapa menjadi gula. Mulai dari gula kelapa cetak, powder, syrup dan kristal diproduksi setiap harinya untuk memenuhi berbagai permintaan. Berkat langkah cerdasnya dalam melakukan bisnis digital, hingga saat ini, CV Hugo Inovasi telah melakukan ekspor gula kelapa kristal ke Bahrain dan beberapa negara potensial lainnya.
Tentunya apa yang terjadi pada CV HUGO INOVASI bisa menjadi pelajaran bagi UKM untuk turut meningkatkan penjualan produknya melalui bisnis digital. Tidak serta merta mereka bisa melakukan ekspor, CV HUGO INOVASI juga bermula dari perusahaan kecil yang skala penjualannya hanya berkisar di pasar lokal. Berkat keberaniannya memulai bisnis digital, kini mereka bisa memperluas jangkauan bisnisnya tersebut.
Bisnis Digital harapan bagi UKM di Tahun 2022. Mengapa?
Menjangkau Target Pasar Lebih Luas
Sebagai UKM yang sedang berkembang, mencoba bisnis digital adalah satu yang sangat potensial. Bisnis digital adalah cara berbisnis yang semua serba cepat dan luas. Dengan bisnis digital tersebut, UKM bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Pemasaran secara manual sering kali tersendat dan mengalami banyak kendala. Hal yang paling sering terjadi adalah dengan jangkauan yang sangat terbatas. Dengan melakukan bisnis digital, hal tersebut tidak akan kamu jumpai lagi. Produk kamu akan menjangkau target pasar yang luas, tak hanya di Indonesia bahkan pasar global dengan jutaan pengunjung setiap harinya.
Data Lebih Akurat dan Cepat
Dengan melakukan bisnis digital pada UKM, artinya kamu sudah selangkah lebih maju dalam memulai skala yang lebih besar. Bisnis digital bagi UKM sangat menguntungkan karena dalam hal ini selaku UKM kamu akan mendapatkan informasi yang didapatkan tentu sangat cepat, tepat dan dijamin lebih akurat daripada cara manual. Informasi terkait buyer dan berbagai hal yang berhubungan bisa langsung kamu dapatkan saat itu juga.
Bertujuan Jangka Panjang
Meskipun di awal kamu harus mengeluarkan sejumlah uang, namun bisnis digital yang dilakukan eksportir adalah solusi jangka panjang yang bermanfaat. Ketika kamu melakukan gebrakan bisnis digital, produk kamu bisa dengan mudah ditemukan oleh buyer. Dengan begitu, jika produk kamu memang secara kualitas mumpuni, mereka akan mencari tokomu saat ingin membeli kembali. Terlebih jika kamu melakukan bisnis digital di Alibaba.com yang merupakan platform B2B Global Marketplace dengan jutaan pengunjung. Hal Itulah yang membuat beberapa UKM mengekspansi pasar global melalui bisnis digital.
Potensi Penghasilan Tanpa Batas
Pada dasarnya produk apapun yang dipasarkan secara digital terutama pada platform B2B Global marketplace seperti Alibaba.com berpotensi untuk menghasilkan lebih banyak untung. Hal ini, banyak terjadi pada para UKM yang sebelumnya fokus memasarkan produk mereka di pasar lokal. Memasarkan produknya pada pasar global seperti Alibaba berpotensi lebih banyak untuk bertemu dan bertransaksi dengan buyer. Seperti kita semua tahu bahwa Alibaba.com adalah platform B2B Global Marketplace yang setiap harinya dikunjungi oleh buyer potensial yang siap bertransaksi dengan kamu.
Baca juga: Jenis-jenis Digital Marketing untuk Eksportir Pemula
UKM harus #BeraniEkspor untuk meningkatkan skala bisnis
Langkah ini merupakan gerakan yang memang perlu dilakukan UKM untuk meningkatkan skala bisnis pada level yang lebih besar. Produk berkualitas yang dihasilkan oleh UKM Indonesia sudah layak untuk bersaing di pasar global. Daftarkan produk kamu dan raih berbagai keuntungan untuk bisnis kamu.