Skincare Lokal Tembus 91,22 Milyar, Coba Peluangnya Di Pasar Global
Skincare atau serangkaian perawatan kulit kini telah berubah menjadi kebutuhan primer. Trend skincare telah menjamur mulai dari orang dewasa hingga remaja. Dari tahun ke tahun, jenis-jenis skincare juga semakin beragam. Umumnya jenis skincare lokal akan dikelompokkan pada kebutuhan pelanggan. Contohnya seperti kebutuhan untuk mencerahkan, melembabkan, dan lain sebagainya.
Skincare lokal brand tembus 91,22 Mliliar
Melonjaknya penjualan skincare tak ayal membuat pemilik brand berlomba-lomba untuk berinovasi pada produknya. Tak mau kalah dengan brand luar, skincare yang berasal dari local brand juga mampu bersaing di ecommerce. Penjualannya tak main-main hingga menyentuh angka 91,22 Milyar dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Dilansir dari sumber yang terpercaya, setidaknya ada 10 local brand skincare yang turut berkontribusi dalam penjualan tersebut. Diantaranya adalah:
Nama Brand | Total Penjualan | Nama Brand | Total Penjualan |
MS Glow | 38,5 Miliar | Whitelab | 3,1 Miliar |
Scarlett | 17-7 Miliar | Bio Beauty Lab | 2,6 Miliar |
Somethinc | 8,1 Miliar | Emina | 2,1 Miliar |
Avoskin | 5,9 Miliar | Elshe Skin | 1,8 Miliar |
Wardah | 5,3 Miliar | Everwhite | 1,05 Miliar |
Angka yang sangat fantastis dan cukup untuk membuka mata kamu bahwa ada peluang besar dalam bisnis skincare. Beberapa hal yang turut berpengaruh dalam melonjaknya penjualan skincare adalah:
Pertimbangan untuk jajal bisnis skincare
Pengguna skin care semakin bertambah
Saat ini, pengguna skincare semakin bertambah. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup zaman sekarang. Tak melulu berfokus pada perempuan, kini banyak laki-laki yang sudah mulai sadar akan perawatan kulit tersebut. Selain itu, kini banyak remaja yang juga sudah mulai menggunakan skin care sesuai dengan jenis kulitnya.
Skincare dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit
kamu mungkin ingat jika beberapa tahun lalu kebanyakan orang lebih cenderung pergi ke dokter kulit untuk membeli cream kecantikan. Tapi sekarang trend sudah berubah dan banyak orang yang lebih memilih menggunakan skincare sebagai cara untuk merawat kesehatan kulit.
Skincare lokal punya daya tarik tersendiri
Seperti data penjualan diatas, skincare lokal kini mampu bersaing dengan brand luar. Salah satu yang membuat skincare lokal digandrungi pembeli adalah peningkatan kualitasnya.
Selain kelima brand di atas, kamu juga bisa berkontribusi untuk memulai bisnis skincare. Tertarik mencoba? Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:
Jika kamu ingin membuat brand skincare sendiri, lakukan persiapan sejak dini. Dengan persiapan yang matang kamu bisa lebih fokus dan terarah membuat produk skincare dengan brand sendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat brand produk skincare sendiri.
Langkah Membangun Brand skincare sendiri
Upgrade Knowledge Tentang Produk skincare
Memiliki pengetahuan yang cukup tentang skincare termasuk cara dan proses produksi, kemasan produk hingga teknik pemasarannya. Dengan bekal pengetahuan yang cukup kamu bisa memaksimalkan bisnis produk skincare.
Tentukan Jenis skincare
Langkah berikutnya adalah menentukan skincare yang akan dibuat. Sebagai langkah awal dalam berbisnis skincare, kamu bisa mulai dari satu atau dua produk pertama untuk cek ombak.
Dalam menentukan jenis skincare kamu perlu memutuskan komposisi atau kandungan dalam skincare tersebut. Komposisi yang kamu tentukan akan menentukan sasaran pasar kamu seperti untuk kulit yang berjerawat, untuk kulit kering dan berminyak.
Konsultasikan Produk Kepada Ahlinya
Lakukan konsultasi dengan ahli terbaik produk yang akan dibuat mulai dari bahan pembuatan apakah aman atau tidak, hingga teknik dan cara pemakaian produk. Konsultasikan hal mendetail juga seperti waktu penggunaan produk, dan jangka waktu yang dibutuhkan agar konsumen bisa merasakan manfaatnya.
Uji Coba Kelayakan Produk
untuk mengetahui keefektifan produk uji kelayakan produk diujikan dengan studi kasus yang berbeda-beda. hal ini penting lantaran konsumen yang menggunakan produk nanti juga memiliki kondisi kulit yang berbeda.
Wajib Urus Legalitas
Ketika semua tahap sudah kamu lewati, maka selanjutnya kamu wajib melakukan serangkaian proses untuk mengurus legalitas brand skincare milik kamu. Sudah melakukan proses yang panjang namun tidak memiliki legalitas itu artinya skincare kamu tidak memiliki izin edar. Tak main-main, jika kamu berani mengedarkan skincare yang tidak memiliki izin, kamu akan dipaksa menginap dipenjara atau didenda sejumlah uang yang cukup besar.
Peluang Skincare di kancah International
Melihat popularitas skincare di Indonesia yang semkain meningkat, maka tak ada salahnya jika kamu juga coba melirik bisnis skincare dengan skala International. Skincare asal Indonesia nyatanya mampu bersaing dengan skincare dengan merek lain. Salah satu negara yang digadang-gadang siap untuk ditembus oleh skincare lokal adalah India.
Baca juga: Essential Oil Terbaik yang Populer di Pasar Ekspor
Tembus Pasar International bersama AeXI
Kini kamu bisa melihat potensial bisnis ini di kancah Intertnational. Kamu bisa menjadi bagian dari pengusaha yang meningkatkan nilai ekspor skincare lokal dengan memasarkan produk kamu di platform B2B global marketplace. AeXI selaku akselerator ekspor Indonesia yang akan siap untuk membantu kamu dan para UKM lainnya untuk menembus pasar global. Yuk #BeraniEkspor bersama AeXI dan daftarkan bisnis kamu sekarang juga.