Skip links

Logistik adalah: Tujuan, Manfaat, dan Peran Logistik Dalam Perusahaan

Pernah mendengar istilah logistik? kata tersebut mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kamu namun apakah kamu benar-benar mengetahui apa itu arti logistik yang sebenarnya? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian, tujuan dan manfaat logistik, manfaat dan peran logistik dalam perusahaan. Dengan begitu kamu akan mengetahui bahwa logistik adalah sistem yang sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan. 

Secara umum, pengertian logistik adalah ilmu pengetahuan dan sebuah seni dalam aktivitas penyimpanan, pemeliharaan dan penyaluran, hingga penghapusan beberapa barang atau alat tertentu.

Dilansir dari sumber yang terpercaya, para akhi turut memberikan pendapatnya mengenai pengertian logistik dimana logistik merupakan suatu rangkaian dan upaya untuk melakukan implementasi, efektivitas perencanaan, sampai pengawasan dalam proses perpindahan suatu barang atau jasa, energi, dan sumber daya lainnya. 

Berkaca pada penjelasan diatas, bisa kita jelaskan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen, di dalamnya mengatur rangkaian aktivitasnya yang saling berkaitan satu sama lain. Semua rangkaian aktivitas tersebut secara garis besar memiliki tujuan untuk mengelola dan mengontrol ketersediaan suatu barang ataupun alat perlengkapan tertentu.

logistik adalah

Tujuan dan Manfaat Logistik adalah: 

Dari penjelasan diatas kamu pasti sudah mendapat gambaran tentang apa tujuan dan manfaat logistik. Seluruh aktivitas logistik memiliki tujuan yang sangat penting demi tersedianya suatu barang pada waktu yang tepat. Selain itu dengan adanya logistik juga bisa mengontrol ketepatan waktu dalam pendistribusian suatu produk. Untuk mencapai tujuan tersebut ada beberapa rangkaian yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan mulai dari pengadaan barang lalu kegiatan produksi hingga distribusi.

Sepanjang prosesnya, aktivitas logistik memiliki standar tertentu yang harus dimiliki oleh pelakunya. Selain itu logistik juga memiliki tingkatan kinerja yang harus dicapai diantaranya adalah terciptanya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan dengan keseluruhan biaya yang digunakan demi mencapai tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan. 

Faktor penentu logistik

Setidaknya ada dua faktor yang menjadi penentu dalam tingkat kinerja logistik.

Faktor pelayanan

Faktor pelayanan adalah tingkat pelayanan yang nantinya dihadirkan oleh  perusahaan kepada semua konsumennya.

Faktor biaya

Faktor biaya itu sendiri merupakan besaran nominal yang akan dikeluarkan oleh perusahaan sebagai modal dalam menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumennya. 

Kegiatan Logistik

Terdapat berbagai kegiatan logistik yang saling berhubungan, diantaranya adalah: 

  • Pelayanan Pelanggan
  • Komponen-komponen dan Layanan Pendukung
  • Manajemen Persediaan
  • Prediksi Permintaan
  • Pergudangan dan penyimpanan
  • Komunikasi Logistik
  • Penanganan Material
  • Procurement/ Purchasing
  • Proses Pemesanan
  • Seleksi Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan
  • Reverse Logistics
  • Pengemasan
  • Transportasi

Sistem Logistik adalah

Dalam sebuah sistem pasti terdapat beberapa komponen yang berperan penting didalamnya. Berikut beberapa komponen dalam logistik:

Lokasi Fasilitas Logistik adalah

Komponen lokasi fasilitas adalah hal terpenting dan berperan besar agar sistem ini bisa berjalan. Tujuannya tentu saja untuk membuat rencana yang yang jelas terkait dari mana dan kemana nantinya material serta produk atau barang tersebut akan diangkut. Bentuk pelayanan yang harus diberikan adalah berupa pelayanan yang baik kepada konsumen. Untuk itu perusahaan wajib menyediakan fasilitas lain termasuk  pabrik, gudang, dan toko pengecer yang bisa langsung dijangkau oleh konsumen utama. 

Jika rangkaian tersebut berjalan dengan baik dan strategis, maka sesuai dengan tujuan utamanya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Setiap perusahaan juga pasti berharap pada tingkat efisiensi yang baik dalam sistem tersebut.

Transportasi logistik adalah

Jika berharap suatu sistem logistik tersebut bisa berjalan dengan baik maka disarankan kepada perusahaan untuk tetap memperhatikan beberapa faktor. Mulai dari biaya, kecepatan, dan konsistensi pengiriman yang dinilai memberikan pengaruh besar pada komponen ini.

Manajemen Pengadaan Persediaan

Perusahaan diharapkan mampu untuk mengontrol ketersediaan suatu barang dengan memperhatikan persediaan lalu proses penyimpanan hingga persediaan tersebut nantinya bisa didistribusikan kepada konsumen. Komponen ini bertujuan untuk bisa mempertahankan kuantitas barang agar sesuai waktu pendistribusian. 

Komunikasi logistik adalah

Tanpa komunikasi yang baik, semua proses dalam menciptakan sistem logistik yang baik tentu tidak akan berhasil. Komunikasi sendiri sebagai aktivitas dimana didalamnya terdapat kegiatan untuk bertukar dan berbagi informasi pada semua kegiatan logistik. Komunikasi yang buruk dalam sistem logistik akan berakibat fatal dan bisa  menimbulkan masalah yang serius.

Penyimpanan logistik adalah

Penyimpanan itu sendiri sebenarnya sudah mencakup semua aspek logistik. Di dalamnya terdapat pengepakan dan pergerakan serta pengemasan. Aspek tersebut nantinya berkaitan dengan arus persediaan dan  berguna sebagai sistem atau cara untuk memenuhi kebutuhan atas suatu produk.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Bentuk, Manfaat, Faktor, dan Keunggulannya 

Peran Logistik di Perusahaan

Lalu apa peran logistik dalam suatu perusahaan? Berikut ini adalah beberapa peran logistik dalam suatu perusahaan.

  • Berorientasi Pada Pemasaran

Logistik selalu lekat dengan ketersediaan barang sehingga tak heran jika orientasi dari logistik ini mengarah pada pemasaran. Logistik yang merupakan sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa untuk memuaskan konsumen. Karena itu, sistem logistik yang dilakukan akan sangat berpengaruh juga pada upaya pemasaran sebuah perusahaan. Logistik juga berperan sangat penting dalam mencapai angka keuntungan tertentu dalam suatu perusahaan. 

  • Memberikan Nilai Tambah

Tidak ada perusahaan yang tidak berupaya dalam meningkatkan kualitas produknya. Kualitas produk merupakan pilar penting dalam keberlangsungan bisnis karena dengan begitu perusahaan bisa mempertahankan loyalitas dari konsumen terhadap produknya.  Sistem logistik yang dilakukan dengan baik nantinya mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dari sisi  utilitas tempat dan waktunya. 

Maksud dari utilitas itu sendiri adalah nilai yang diberikan konsumen terkait ketersediaan produk saat konsumen membutuhkannya. Jika konsumen hendak membeli suatu produk namun produk tersebut tidak tersedia maka otomatis penilaian dari konsumen akan menurun. Hampir mirip, utilitas waktu sendiri merupakan suatu nilai yang didapatkan  dengan membuat produk bisa diterima oleh konsumen  di waktu yang tepat.

  • Perpindahan Produk Secara Efisien

Sistem logistik dibuat agar bisa mengatur perpindahan barang secara efisien.  Dengan diterapkannya sistem logistik ini diharapkan bisa menciptakan proses pemasokan  suatu produk dengan tepat. Selain itu juga kondisi yang tepat, tempat yang tepat,  waktu yang tepat, dan biaya sepadan bisa terpengaruh dari efisiensi dalam perpindahan produk. 

  • Lebih Ekonomis

Logistik yang efisien dan ekonomis termasuk aset yang wajib dijaga oleh perusahaan. Selain kualitas yang harus diperhatikan harga juga bisa menjadi faktor mengapa produk tersebut dipilih. Jika perusahaan bisa menyediakan produk secara cepat dengan biaya yang rendah secara otomatis akan meningkatkan pangsa pasar. Hal tersebut merupakan dampak yang sangat baik bagi keberlangsungan bisnis. Perusahaan bisa menjual produk kepada konsumen dengan harga yang lebih murah karena mereka melakukan sistem logistik yang efisien. 

logistik adalah

Manfaat Logistik Pada Bisnis Ekspor

Logistik juga termasuk komponen penting dalam merangkum seluruh proses ekspor. Sistem logistik yang efisien sangat berdampak pada kegiatan ekspor sebagai simplikasi dan sinkronisasi semua arus informasi dan dokumen dalam kegiatan ekspor di pelabuhan dan kegiatan perdagangan serta distribusi barang. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mengungkapkan bahwa Indonesia perlu meningkatkan efisiensi, khususnya di bidang logistik. Maksud dari perkataannya tersebut adalah  untuk meningkatkan daya saing yang setara dengan negara-negara lain yang unggul di bidang ekspor. 

Dukungan Logistik dari AeXI untuk UKM yang #BeraniEkspor

Logistik adalah

Sebagai seorang pemilik perusahaan, logistik merupakan hal yang wajib dan menjadi prioritas dalam sistem perusahaan. Hal itu juga yang mendorong AeXI untuk memberikan dukungan logistik, pergudangan dan fulfillment kepada UKM yang ingin melakukan ekspor melalui kerjasama AeXI bersama dengan ATT Group dan Goodang.com. 

Ada banyak keunggulan lain yang dimiliki AeXi sebagai akselerator ekspor di Indonesia diantaranya juga pendampingan legal, perizinan dan sertifikasi.  Bersama AeXI ayo dukung gebrakan #BeraniEkspor kepada seluruh UKM agar bisa meningkatkan skala bisnisnya pada tahap global. 

Leave a comment