Skip links

Kopi Indonesia dan Peluang Ekspor Di Kancah Global

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hal tersebut lantaran hampir di setiap daerah Indonesia memiliki perkebunan kopi. Jenis kopi yang dihasilkan dari tiap daerah memiliki cita rasa dan karakteristik rasa kopi yang unik. Selain digandrungi oleh seluruh masyarakat lokal, melainkan juga laris di pasar global. Eksistensi kopi Indonesia di pasar global memiliki masa depan yang cerah. Pasalnya banyak negara-negara yang turut menikmati rasa kopi Indonesia. Berikut adalah 7 jenis kopi Indonesia  beserta karakteristiknya yang perlu Anda ketahui!

7 Jenis Kopi Indonesia 

Kopi Indonesia Arabika Gayo, Sumatera

Kopi gayo Aexi

Dari ujung barat Indonesia, terdapat dua jenis kopi yang bisa diproduksi.  Diantaranya adalah kopi jenis Arabika dan Robusta. Salah satu jenis kopi  yang paling terkenal dari Aceh adalah kopi Gayo Arabika. jenis kopi tersebut digadang-gadang sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Karakteristik dari kopi gayo yang paling menarik perhatian adalah karena aromanya yang amat tajam.  Kabar baiknya, kopi gayo juga tidak memberikan bekas rasa pahit yang melekat di lidah. Biasanya jika Anda minum kopi, Anda akan merasakan rasa pahit di lidah atau aftertaste. Hal ini menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kopi gayo. 

Kopi Indonesia Lampung

Kopi lampung

Kopi lampung justru berbanding terbalik dengan Gayo yang lebih terkenal dengan jenis kopi Arabikanya. Kopi Lampung justru sangatlah mengunggulkan kopi Robusta. Karakteristik yang sangat terasa dari kopi nusantara asal Lampung ini yaitu rasa yang kuat dan juga tekstur yang halus. Banyak orang meyakini bahwa cita rasa dan karakteristik yang kuat dari kopi lampung justru dihasilkan dari Metode dry processing yang digunakan dalam pengolahan biji kopi Lampung. 

 

Kopi Toraja

Kopi Toraja

Kopi asal daerah Sulawesi yang memiliki nama lain Celebes Kalossi ini juga tak kalah populer. Kopi Toraja memiliki aroma yang sangat unik disertai dengan aroma yang harum. Yang menjadi salah satu keunggulan dari kopi ini adalah tingkat keasaman yang rendah. Selain itu, kopi toraja juga memiliki keunikan pada kecenderungan rasa yang dihasilkan yaitu floral dan fruity. Bagi pecinta kopi, aftertaste yang sedikit kecut dari kopi ini merupakan salah satu keunikan yang dicari. Sehingga tak heran jika kopi toraja menjadi kopi yang populer di beberapa daerah.

 

Kopi Jawa

kopi jawa

Kopi jawa memiliki perbedaan dengan kopi yang dihasilkan di Sumatera dan Sulawesi. Produksi biji kopi Jawa biasanya dilakukan dengan metode wet processing. Dengan metode yang dilakukan tersebut, kopi jawa tak kalah saing dari kopi Sumatera dan Sulawesi sebab kopi jawa sendiri memiliki penikmat yang berbeda karena dianggap memiliki rasa yang seimbang. Tingkat keasaman yang medium dan kekentalan yang tidak terlalu pekat juga salah satu alasan kenapa kopi  ini banyak digemari. Disamping itu semua kopi jawa juga memiliki aroma yang khas akan rempah dan dinilai mampu memberikan aroma yang menenangkan. 

 

Kopi Bali Kintamani

Aexi Bali

 Karakteristik kopi nusantara yang satu ini juga berbeda dengan kopi sebelumnya. Namanya kopi bali kintamani yang memiliki cita rasa kesegaran dari asam (citrus) yang membuatnya terasa seperti jeruk. Pecinta kopi kerap menganggap aromanya eksotis dan juga dilengkapi dengan tekstur yang light. Kopi ini tidak meninggalkan aftertaste dan juga tidak terasa pahit. 

 

Kopi Flores Bajawa

Aexi Flores

Produksi kopi Arabika yang berasal dari  Flores Bajawa ini menghasilkan tingkat keasaman yang medium. Selain itu, kopi asal flores ini juga memiliki tekstur yang ringan. Salah satu yang menjadi daya tarik dari kopi ini adalah sensasi manis juga cita rasa kacang-kacangan dan herbal di dalamnya. Keunikan ini umumnya tidak bisa Anda temukan pada kopi yang lain. 

 

Kopi Papua Wamena

 

Wamena

Dari bagian timur Indonesia, terdapat juga salah satu tanaman kopi yang memiliki ketajaman aroma dengan cita rasa yang ringan. Mirip dengan kopi Bali yang memiliki rasa floral, kopi Papua Wamena juga memiliki rasa yang cenderung harum coklat dan herbal. Aftertaste yang dirasakan setelah minum kopi ini adalah ‘smokey’. Hal tersebut juga menjadi alasan kebanyakan orang menyukai jenis kopi Indonesia yang satu ini. 

Itulah jenis-jenis kopi Indonesia yang populer. Kendati demikian, tak hanya Indonesia, ada juga beberapa negara penghasil kopi yang dianggap cukup unik. Negara tersebut adalah Liberia yang juga menghasilkan kopi liberika.

Baca juga: Peluang Ekspor Komoditas Di Korea Selatan

Eksistensi Kopi Indonesian Di Pasar Global

Kopi asal Indonesia yang unik dan beragam juga banyak dilirik oleh pasar global. Tak heran jika kopi menjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai ekspor cukup tinggi. Produk kopi Asal Indonesia menjadi primadona di kancah mancanegara. Seperti yang baru-baru ini terjadi, tahun 2022 Indonesia melepas ekspor kopi perdana ke Mesir senilai Rp3,5 miliar. 

Dilansir dari sumber yang terpercaya, berdasarkan data BPS, nilai ekspor kopi Indonesia pada periode Januari-November 2021 tercatat mencapai US$757,41 juta atau meningkat 2,73 persen dibanding periode yang sama tahun 2020 yang sebesar US$737,27 juta.

Melihat perkembangannya dari tahun ke tahun, kopi dinilai sebagai komoditas yang sangat menjanjikan di kancah global. Di samping itu, pemerindah juga turut mendukung langkah ekspor yang dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang melirik  sektor bisnis ini. 

Negara Tujuan Ekspor Kopi Indonesia

Diantara perkembangan ekspor kopi di Indonesia, terdapat beberapa negara yang menjadi tujuan ekspornya, yaitu Amerika Serikat dengan nilai ekspor mencapai US$202,4 juta. Selanjutnya disusul  Jepang dengan nilai ekspor kopi sebesar US$55,9 juta. Ada pula negara tetangga yaitu Malaysia dengan nilai ekspor sebesar US$55,4 juta dan Mesir berada di urutan selanjutnya dengan nilai ekspor US$ 55 juta. Dan selanjutnya juga di ekspor ke Jerman sebesar US$ 49,5 juta disusul dengan  Italia sebesar US$44,3 juta. Sementara ekspor ke Inggris dan Belgia senilai US$39,8 juta dan US$ 38,3 juta.

Perkuat Sektor Bisnis Anda dan #BeraniEkspor bersama AeXI!

Ayok mulai mulai langkah Anda yang cemerlang dengan #BeraniEkspor bersama AeXI agar bisnis Anda semakin berkembang. Dengan #BeraniEkspor  Anda juga sekaligus membantu meningkatkan perekonomian dalam negeri!

Kopi Indonesia dan Peluang Ekspor Di Kancah Global

Anda bisa menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh AeXI mulai dari akses global dengan melalui platform global marketplace, konsultasi bisnis yang bermanfaat dan juga  mempersiapkan produk berkualitas. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi regulasi, dan logistik. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email contact@aexi.id.

Leave a comment