Skip links

Frozen Food Rambah Pasar Global? Ini Faktanya

Frozen food merupakan olahan makanan dengan teknik setengah matang dan dikemas lalu dibekukan untuk diolah kembali dengan cara dipanaskan, digoreng dan dikukus. Cara membuat frozen food umumnya akan melewati beberapa mulai dari persiapan raw material (bahan baku), proses pencetakan atau forming (untuk produk seperti bakso, nugget), pelapisan (coating), penggorengan (frying), pembekuan (freezing) serta pengemasan (packaging).

Untuk membuat frozen food, bahan yang digunakan tidak hanya daging sapi atau ayam saja seperti sosis dan nugget. Ada banyak jenis frozen food yang sangat mudah ditemukan,seperti bakpao, donat, pizza dan lain-lain. Bicara soal frozen food, seperti apa ya kira-kira peluang bisnisnya? Yuk intip di sini.

Peluang Berbisnis Frozen Food

Peluang untuk kamu berbisnis frozen food saat ini sangat menjanjikan dan menguntungkan. Karena keberagaman jenisnya, makanan beku ini sangat digemari oleh banyak kalangan. Selain itu, banyak orang yang menggemari makanan ini salah satunya karena jangka waktu penyimpanannya lebih lama dibandingkan yang lain. Makanan beku bisa bisa jadi salah satu alternatif untuk memasak mudah dan cepat tanpa perlu repot. Menariknya, ternyata tak hanya orang Indonesia yang menyukai hal instan melainkan juga di beberapa negara lain. Dengan adanya fakta tersebut, maka tak heran jika frozen food ini juga bisa dikembangkan pada skala ekspor. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis makanan beku sebaiknya simak beberapa tips berikut ini: 

frozen food

Tips dan Trik Berbisnis Frozen Food

Jika kita bicara soal bisnis, maka bisa dipastikan bahwa setiap orang yang melakukannya ingin mendapatkan untung besar. Pastinya semua pebisnis menginginkan hal positif untuk bisnisnya. Berbisnis makanan beku merupakan pilihan tepat untuk memulai bisnis di jaman modern sekarang. Yuk kita simak tips dan trik untuk kamu berbisnis frozen food.

 Penentuan Jenis Produk Frozen Food

Sebelum lebih jauh melangkah, pertama-tama yang harus dilakukan dalam bisnis makanan beku adalah dengan menentukan jenis apa yang akan diperdagangkan. Jenis produk yang kamu tentukan nantinya akan menjadi khas dan branding dari usaha kamu. Selain itu. jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis kamu harus mengerti beberapa hal. Mulai dari positioning, differentiation, branding (PDB) untuk produk yang ditawarkannya. Hal itu penting untuk dilakukan supaya produk kamu memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Ketika kamu menentukan jenis produk olahan makanan beku ini di awal maka nantinya akan memudahkan langkah-langkah selanjutnya. Tak hanya itu,  tentukan juga bahan olahan yang akan dipakai misalnya seperti ikan, udang, jamur, dan lain-lain. Kamu juga bisa menjual cemilan yang berbahan dasar tepung yaitu sejenis roti seperti bakpao, pizza, donat.

Penentuan Modal

Bagian modal adalah hal yang wajib diperhitungkan awal dan tentu saja catatanya haruslah secara rinci dan benar. Dengan memiliki catatan modal, semua kamu harus perhitungkan semua aspek yang menjadi awal pendirian usaha makanan beku ini. Kamu bisa tulis semua kebutuhan yang diperlukan serta kisaran harga yang ada di pasaran. Jangan lupa untuk pertimbangkan pula biaya yang harus kamu keluarkan untuk bekerja sama dengan vendor dan pihak penyedia bahan pembuatan frozen food.

Penyediaan Peralatan

Saat kamu membuat rencana dengan modal awal, jangan lupa untuk menyusun daftar peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis ini. Peralatan harus kamu masukan kedalam hal penting karena harus disiapkan sebelum membuat produk. Dalam hal ini kamu berarti mengutamakan kebutuhan pokok penunjang berjalannya usaha ini. Contoh peralatan yang paling penting adalah lemari pendingin. Tanpa alat tersebut semua olahan kamu tidak akan bisa menjadi makanan beku.

Selain itu, kamu pasti juga membutuhkan peralatan lain untuk membuat produk frozen food. Dalam menentukan hal ini, pastikan kamu memilih peralatan yang memiliki kualitas sangat baik. Tentunya kamu tidak ingin jika nantinya peralatan yang kamu gunakan nantinya merusak kualitas dari produk kamu. 

Penentuan Metode Pengemasan

Setelah semua sudah kamu tentukan, selanjutnya kamu perlu memikirkan pengemasan. Kemasan yang tepat dan unik akan menjadi nilai tambah dari suatu produk karena pelanggan akan melihat kemasan untuk pertama kalinya. Untuk produk yang satu ini biasanya memakai plastik khusus untuk pengemasan yang kedap udara supaya tidak mudah basi. Selain itu, makanan beku juga perlu di vakum saat dikemas untuk mengeliminasi udara di dalam ruang penyimpanan makanan beku tersebut. Jangan lupa untuk berikan semua informasi dalam kemasan mulai dari ingredients, informasi nilai gizi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa dan label halal lebih baik.

Menentukan Target Pasar dan Pelanggan

Setelah semua tersusun rapi, kamu juga harus menentukan siapa target pasar kamu nantinya. Jika target tersebut masih belum dipikirkan secara matang nantinya kamu akan kesulitan dalam hal pemasaran produk. Menentukan target pasar dan pelanggan juga perlu pengamatan serta riset yang mendalam. Penentuan ini bisa berdasarkan usia, wilayah tempat tinggal, selera masyarakat, potensi yang dimiliki daerah tersebut sampai dengan penyediaan ukuran kemasan.

Penentuan Metode Pemasaran

Jika kamu sudah menentukan target pasarnya, kamu bisa menentukan bagaimana kamu akan memasarkan produk tersebut. Teknologi membuat pemasaran sebuah produk jadi semakin mudah. Tidak hanya pada pemasaran antar kota, melainkan juga pemasaran antar negara. Seperti layanan yang dimiliki oleh AeXI selaku akselerator ekspor Indonesia. AeXI memiliki layanan digital yang akan memudahkan kamu dalam menemukan pembeli di pasar global. 

Baca juga: Ide Bisnis Menggiurkan 2022, Ini Penjelasannya

Ekspor Frozen Food adalah hal yang nyata dan bukan lagi sekedar mimpi belaka. Melansir dari sumber terpercaya, sebuah UKM bernama SanRah Food milik lina santika berhasil tembus pasar ekspor. Karena komitmen yang tinggi untuk menjaga kualitas dan kehigienisan, makanan beku miliknya tak hanya laris di pasar Indonesia. Belum lama ini  penjualan produk SanRah Food juga sudah merambah ke negara lain. Seperti Jerman, Perancis, Hongkong, Cina, Malaysia, Rusia dan Singapura. Tertarik mencoba? 

#BeraniEkspor bersama AeXI

Frozen food

AeXI adalah akselerator ekspor di Indonesia. Dengan layanan terbaiknya AeXI hadir untuk membantu para UKM agar bisa bersaing di pasar global. AeXI telah membawa banyak UKM ke gerbang penjualan yang lebih luas. Sebagai akselerator ekspor, AeXI adalah tempat yang tepat buat kamu dalam mengembangkan perusahaan pada skala yang lebih besar. Jadi jangan ragu untuk #BeraniEkspor dengan kami dan wujudkan impian kamu untuk memulai bisnis dengan level yang lebih besar.

Leave a comment