Skip links

Jenis-jenis Digital Marketing untuk Eksportir Pemula

Tak bisa dipungkiri, kesulitan dalam mendapat buyer adalah salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh eksportir Indonesia. Sejak pandemi melanda, banyak komoditas ekspor yang menunjukkan kurva melandai. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai digital marketing yang cocok untuk para eksportir supaya lebih mudah mendapatkan buyer. Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis digital marketing yang cocok untuk eksportir, mari kita bahas dan simak serba-serbi digital marketing terlebih dahulu:

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah sebuah metode dalam pemasaran atau promosi untuk produk atau brand dengan menggunakan media digital atau internet. Saat ini kita tahu bahwa kesempatan dalam penyebaran informasi melalui internet sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu, melakukan promosi atau marketing melalui digital cukup populer seiring dengan bermunculannya platform baru di dunia digital. 

Karena itu, kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba dalam memanfaatkan akses dunia digital untuk marketing suatu produk atau jasa. Bahkan tak sedikit pula perusahaan yang bisa meraup banyak untung dengan metode pemasaran tersebut.  Lantas, bagaimana strategi digital marketing ini cocok untuk bisnis ekspor? 

Seperti kita tahu bahwa ekspor adalah kegiatan atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan lokal dalam menjual barang atau produk pada individu atau industri dari luar negeri. Dengan kata lain, bisa simpulkan bahwa ekspor adalah proses perdagangan lintas negara dengan pasar yang sangat luas. Untuk bisa mendapatkan jaringan tersebut, seorang eksportir perlu melakukan gebrakan baru agar produknya bisa dijangkau oleh lebih banyak buyer di luar negeri. Apa saja jenis-jenis digital marketing yang cocok untuk eksportir? berikut ulasannya: 

Jenis Digital Marketing yang Cocok untuk Bisnis Ekspor

Website Digital Marketing

Website adalah salah satu jenis digital marketing tidak langsung yang sangat bermanfaat untuk melihat sisi profesionalisme sebuah bisnis. Di dalam website perusahaan biasanya mencakup semua informasi penting perusahaan yang akan dibagikan kepada buyer atau calon buyer. Semua informasi yang ditampilkan berfungsi untuk mmebangun kepercyaan buyer sehingga muncul keinginan untuk membeli produk kita. 

Cara membuat website juga terbilang mudah, kamu bisa mempelajari semua teknik dna caranya melalui internet atau bisa dengan menyewa jasa profesional. Mengapa memiliki website menjadi hal penting bagi eksportir? Karena buyer dalam bisnis ekspor ini lintas negara, untuk menyampaikan semua informasi produk pasti akan lebih efektif dengan memiliki website. Jangan lupa untuk diperhatikan dari segi bahasa ya, karena target pasarnya dari luar negeri maka pastikan kamu menggunakan bahasa yang dipahami oleh buyer luar negeri seperti bahasa internasional. 

Search Engine Marketing

Untuk bisa menjangkau lebih banyak audience dalam sebuah website, eksportir perlu mengenal teknik SEM atau Search Engine Marketing dalam mempromosikan websitenya. Kamu bisa melakukan promosi berbayar dengan google dan menjangkau buyer lebih spesifik.

Social Media Marketing

Dalam era digital, social media marketing menjadi salah satu yang paling populer diantara platform lain. Hal ini karena semakin hari pengguna sosial media semakin banyak. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri juga terjadi hal yang sama di mana penggunaan sosial media menjamur ke semua kalangan. Contohnya seperti pengguna instagram, facebook. twitter atau yang mini sedang ramai yaitu tiktok. Kamu bisa mencoba untuk beriklan dalam platform tersebut dengan merogoh sejumlah kocek yang nantinya akan disesuaikan dengan apa yang kamu dapatkan dalam iklan tersebut.

Email Marketing

Jika kamu sudah rutin melakukan ekspor dan memiliki data email dari buyer luar negeri, kamu bisa melakukan strategi email marketing sebagai cara untuk menjangkau lebih banyak buyer. Dengan email marketing kamu bisa menjangkau buyer yang sebelumnya sudah bertransaksi supaya mereka bisa membeli kembali produk kamu.

B2B Global Marketplace

Digital marketing selanjutnya untuk eksportir adalah dengan melakukan product placement pada B2B Global Marketplace. Salah satu B2B Global Marketplace yang paling potensial dalam bisnis ekspor adalah Alibaba.com. Platform tersebut merupakan marketplace yang setiap harinya dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai negara. Jika kita melihat pada platform tersebut, terdapat banyak produk asal Indonesia yang sudah mulai unjuk gigi di pasar global. Sebagai catatan bahwa produk asal Indonesia memang terkenal dengan kualitas yang baik dalam dunia ekspor, hal itu bisa kamu jadikan sebagai privilege yang menguntungkan. Karena itu, eksportir kini sudah waktunya untuk membuka mata bahwa ada banyak peluang yang bisa didapatkan dari product placement ini. Untuk mencoba strategi digital marketing yang satu ini, silahkan menghubungi kami dan konsultasikan produk kamu agar lebih tahu apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan skala bisnis ekspor kamu. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Kurva Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis Ekspor

Daftarkan bisnis kamu untuk merasakan dampak dari Product Placement pada platform B2B Global Marketplace

digital marketing

Mencoba product placement pada platform B2B Global Marketplace bukanlah sesuatu yang sulit. AeXI hadir sebagai akselerator ekspor untuk menjadi solusi satu atap bagi eksportir yang sulit untuk mendapatkan buyer. Melalui Alibaba.com AeXI telah mendukung banyak UKM untuk bisa menembus pasar global. Daftarkan produk kamu sekarang juga dan dapatkan banyak keuntungan sebagai eksportir. 

Leave a comment