Skip links

Furniture adalah: Sejarah, Pengertian, Jenis dan Standar dalam Ekspor

Dalam pengertiannya, furniture adalah kata yang diambil dari bahasa Prancis “fourniture” yang artinya adalah furnish atau perabotan ruangan. Furniture atau perabotan rumah tangga ini bisa dibuat dari beragam material seperti kayu, bambu, logam, plastik, dan sebagainya.

Furniture yang artistik umumnya menggunakan bahan yang berkualitas dan juga kayu pilihan. Dengan berlimpahnya kayu yang ada di Indonesia maka sangat wajar jika furniture asal Indonesia memiliki pamor yang luas.  Umumnya furniture buatan Indonesia akan dikombinasikan dengan seni ukir dan hal tersebut yang justru membuatnya semakin bernilai.

Sejarah Furniture adalah:

Mebel atau funiture di wilayah Asia memiliki gaya tersendiri. Di asia, perabotan rumah tangga yang satu ini justru terlahir di Jepara dan Bali sebuah daerah yang berada di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, China, Jepang, Pakistan, India, Burma, Korea, Monggolia juga memiliki gaya tersendiri untuk furniture. 

Indonesia unggul dengan gaya mebel yang unik dengan aneka ragam hias ukir dan ornamen yang beraneka. Seperti kita ketahui bahwa pusat mebel ukir di Indonesia adalah Jepara. Data tersebut bisa kita lihat pada tahun 2004, Kabupaten Jepara memiliki 3.539 unit produksi mebel yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal. Sebenarnya banyak usaha furniture yang skalanya lebih kecil dan belum terdaftar, jumlahnya sekitar 15.000 unit usaha.

Pengertian Furniture adalah

Furniture adalah mebel atau secara sederhana bisa juga diartikan sebagai perabot rumah tangga. Furniture adalah perabot rumah tangga yang biasanya digunakan untuk menyimpan atau meletakkan suatu barang.

Furniture adalah perabot yang erat kaitannya dengan dekorasi rumah. karena itu, menentukan jenis furniture yang digunakan adalah hal yang cukup penting bagi sebagian orang. Furniture juga biasanya menjadi media untuk beraktivitas, seperti meja yang jadi media untuk belajar, meletakan barang, makan, dan lainnya.

Karena furniture membersamai aktivitas manusia, maka tak heran jika permintaan dari konsumen selalu tinggi. Menurut laporan Kementerian Perdagangan, furniture adalah salah satu produk unggulan Indonesian di pasar ekspor. Bahkan, pada salah satu paltform B2B marketplace global seperti Alibaba.com bertebaran furniture asal Indonesia. Sebenarnya apa sih fungsi furniture itu sendiri?

Fungsi Furniture

Fungsi utama dari furniture adalah sebagai media penyimpanan dan tempat untuk melakukan aktivitas. Kendati demikian, sebenarnya fungsi furniture tidak hanya sebatas itu, berikut adalah fungsi furniture yang lain: 

  • Sebagai perabot untuk mengisi hunian
  • Mendukung aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari baik itu di tempat tinggal dan perkantoran
  • Meningkatkan nilai sebuah tempat, misalnya seperti memaksimalkan furniture yang berkualitas untuk mendukung dekorasi
  • Menghadirkan nilai estetika dalam sebuah ruangan. 

Selain itu, biasanya desain dan bentuk furniture mempengaruhi secara keseluruhan desain interior. Karena itu kehadiran furniture yang tepat sangat mempengaruhi bagaimana ruangan itu akan terlihat. Maka, penting untuk mempertimbangkan secara matang sebelum kamu membeli perabotan rumah tangga. 

Hal ini untuk memastikan bahwa furniture yang digunakan memiliki fungsi dan nilai seni yang sesuai dengan kebutuhan ruangan tempatnya diletakkan.

Jenis Furniture

Berdasarkan modelnya furniture memiliki 4 jenis, diantaranya adalah: 

Furniture adalah: Knockdown

Furniture knockdown adalah jenis furniture yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Furniture jenis ini banyak digunakan untuk orang yang sering berpindah tempat tinggal. Dengan jenis tampilan minimalis, furniture ini terlihat elegan dan juga manis. 

Furniture Mobile

Sesuai dengan namanya, jenis ini adalah furniture yang bisa dengan mudah digerakkan dan dipindahkan. Biasanya furniture akan dilengkapi dengan roda agar tidak sulit ketika hendak dipindahkan.

Furniture Built-In

Furniture built-in adalah mebel yang di desain secara permanen dan tidak bisa dirubah dengan mudah. Selain itu, jenis ini juga tidak bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Furniture Free Standing

Furniture free standing adalah furniture yang tidak permanen sehingga bisa dipindahkan dengan mudah. Selain itu, jenis furniture ini juga bisa di geser dari satu tempat ke tempat lain. Hal itu yang membuat jenis ini cukup mudah ditemukan dipasaran. Itulah beberapa jenis furniture berdasarkan model yang sangat populer. Furniture asal Indonesia tak hanya populer di pasar nasional, skala penyebarannya sudah mencapai pasar global. Bebebrapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang dan lainnya cukup rutin impor furniture dari Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat bahwa nilai ekspor furniture pada tahun 2020 mencapai angka US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,65 triliun. Selanjutnya pada tahun 2021 nilai ekspor meningkat 34,54% dengan angka US$ 1,99 miliar atau sekitar Rp 28,6 triliun. Data tersebut membuktikan bahwa populritas furniture asal Indonesia tidak diragukan lagi. Terarik untuk menggeluti bisnis ini? berikut beberapa tips yang harus kamu ikuti: 

Standar furniture yang baik

Bisnis furniture tidak bisa dilakukan sembarangan terutama jika kamu menargetkan pasar global. Berikut beberpa standar yang harus kamu terapkan: 

produk yang memenuhi standar 

Furniture yang bisa tembus pasar ekspor setidaknya haru memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) dan atau Standar Internasional (ISO).

Kedua standar ini akan memtukan kelayakan produk kamu. Nantinya para pembeli pun akan lebih yakin dengan kualitas furniture yang akan dibelinya jika telah mendapatkan sertifikat tersebut.

Furniture adalah produk yang harus family-friendly

Produk furniture family-friendly akan mengurangi kemungkinan terjadinya luka, kecelakaan, maupun bahaya lain selama penggunaan. Karena itu standar lain yang tak kalah penting untuk furniture adalah dibuat dengan desain family-friendly. 

Standar material yang aman

Material yang berkualitas baik biasanya tidak muda tergores, tidak mudah rusak karena sinar UV, bisa didaur ulang, serta bebas dari chloroflourocarbon atau CFC. Untuk menghasilkan furniture yang berkualitas kamu juga harus menggunakan bahan yang aman. 

Sesuai Standar Ergonomi

Standar ergonomi adalah salah satu tolak ukur kualitas furniture. Biasanya, furniture yang baik memiliki desain yang ergonomi agar bisa digunakan oleh semua kalangan.

Teruji Secara Keamanan

Sebelum kamu memasarkan produk, pastikan furniture sduah lolos uji keamanan. Furniture wajib memenuhi standar keamanan supaya tidak menyebabkan kecelakaan atau bahaya bagi penggunaannya.

Baca juga: Strategi Promosi Langsung Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan?

Pasarkan produk kamu pada platform B2B global marketplace

furniture adalah

Produk furniture selalu penuh dengan permintaan. Untuk bisa menjangkau buyer kamu harus memiliki akses untuk bisa unjuk gigi pada seluruh buyer di mancanegara. AeXI adalah akselerator ekspor yang telah membawa banyak UKM untuk mencicipi pasar global dan mendapat buyer dari berbagai negara. Peluang yang ditawarkan AeXI untuk menawarkan produk kamu di Alibaba.com bukanlah peluang sederhana. Dengan kesempatan tersebut, nantinya produk kamu bisa mendapatkan promosi besar-besaran dengan bertengger pada platform B2B global marketplace seperti Alibaba.com.Yuk daftar sekarang juga.

Leave a comment